Cara Menghubungkan Router Satu dengan yang Lain Menggunakan GNS3



Sebelum masuk pada konfigurasi Router, sebelumnya saya akan menjelaskan apa sih proses Routing itu? Routing adalah sebuah proses meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan menuju jaringan yang lainnya melalui sebuah antar jaringan (internetwork).

Langsung disini saya akan membuat sebuah jaringan dimana ada router yang nantinya saya hubungkan ke router yang lain. Dengan cara apa? Dengan menggunakan perintah Routing RIP.


>br>
1. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah membuka GNS3 terlebih dahulu, saya sarankan menggunakan versi yang terbaru, jika anda mempunyai versi yang lama juga tidak masalah. Anda juga bisa mendownloadnya disini.
2. Jika anda sudah membukanya silahkan anda membuat topologi seperti yang saya contohkan dibawah ini.

3. Jika sudah, klik tombol Start di bagian bar atas.
4. Selanjutnya klik kanan dan pilih Console salah satu RB yang sudah anda susun, akan lebih baik jika anda memulainya dari RB1.
5. Nah setelah anda buka, anda diminta untuk Login terlebih dahulu. Isikan User sebagai Admin dan password nya kosongi saja dan klik Enter.
6. Setelah itu, disinilah anda akan memasukkan beberapa perintah yang harus anda buat. Masukkan perintah seperti di bawah ini setiap baris klik enter.


7. Jika sudah anda bisa Minimize jendela console RB1, selanjutnya masuk pada console RB2 caranya sama seperti sebelumnya.


8. Konfigurasikan RB2 seperti dibawah ini.


9. Selanjutnya masuk console RB3 dan konfigurasi seperti dibawah ini.


10. Sekarang coba anda cek apakah RB1 sudah bisa terhubung dengan RB yang lain, caranya ketikkan perintah seperti dibawah ini.


11. Gambar diatas menunjukkan bahwa RB1 sudah tersambung dengan RB2 dan RB3.
12. Sekarang anda kembali ke console RB1 dan masukkan perintah tambahan dibawah ini yang berguna agar RB1 mendapatkan akses internet, dan coba ping ke 8.8.8.8 jika sudah seperti dibawah ini berarti sudah tersambung.
13. Tambahkan perintah “Routing rip set distribute-default=always” agar koneksi internet bisa di salurkan ke RB lainnya dan tentunya ke PC juga.




13. Coba anda cek apakah RB lainnya sudah tersambung dengan internet apa belum dan hasilnya seperti di bawah ini yang menandakan sudah tersambung.




14. Selanjutnya coba anda tambahkan client yang terhubung di RB2 dan RB3 konfigurasinya mudah saja hanya menambahkan alamat Ip untuk client-nya.
15. Kemudian, kita cek PC1 dan PC3 apakah sudah tersambung internet dan ini hasilnya.


Bagaimana? Mudah bukan? sebenarnya dengan menggunakan Winbox akan lebih mudah dalam pengaturannya, apa salahnya sih kita belajar dengan menggunakan Teks? Itung-itung sambil mengingat konfigurasi manualnya. 

Akhir kata dari saya, jika artikel ini bermanfaat anda bisa share ke yang lain. Selamat mencoba, semoga sukses. Anda butuh bantuan? Comment saja dibawah pasti saya tanggapi.

1 komentar:

Halo,
Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon