10 Penyebab Komputer Lelet dan Solusinya

Cara mengatasi Lag pada komputer - cara mengatasi komputer lemot - cara mengatasi laptop lemot - cara mengatasi komputer hang.

Pada dasarnya membuat komputer agar tidak terjadi lemot hanyalah dengan merawatnya secara berkala seperti mengecek apakah ada system atau kerusakan pada komputer? Jika itu membuat Anda semakin bingung memikirkan solusinya. Anda bisa membaca artikel berikut ini.




Berikut 10 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Komputer lambat karena kekurangan Memory (RAM)

Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 2 GB. Bagi yang ingin membeli komputer atau laptop baru saya sarankan untuk menggunakan Processor sekelas Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

Baca juga : Processor itu apa sih?

Untuk diri saya sendiri, bagi pengguna Intel Core i3 ke atas lebih baik menggunakan sistem operasi Windows 8.1 - 10 kalau bisa Windows 10 karena sudah banyak pembaruan yang pastinya membuat komputer Anda semakin gesit atau cepat.

2. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstall.

Secara pribadi saya sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali, biasa hanya untuk simpan menyimpan.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.

Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup, karena applikasi tersebut memakan lebih banyak daya memori terlebih dahulu ketika komputer dihidupkan dan membuat komputer semakin lelet.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Selain cara tersebut, ada cara lain. Anda bisa melihatnya di Task Manager, dan Anda bisa men-disable kan program yang memulai saat komputer pertama kali dihidupkan.

Buka Task Manager - Pilih tab Startup 
4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary ini adalah sebagai berikut:

Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp
Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Selain itu Anda juga bisa mencoba software JetClean untuk mempercepat komputer dengan cara membersihkan file-file dan registry yang tidak diperlukan.

Cara mudah lainnya Anda bisa klik kanan pada menu My Computer dan pilih properties, lalu pada Anda tinggal klik Disk Clean-up.

5. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

TIPS : Anda sebenarnya tidak perlu menggunakan Antivirus gratisan atau berbayar karena pihak dari Microsoft sendiri sudah menyediakan fitur Antivirus gratis dan tentunya terpercaya bernama Windows Defender.

6. Komputer lambat karena masalah pada hardisk


Hardisk merupakan komponen UTAMA kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:

- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun (kecepatan)
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:

- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala (Penting)
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

Apabila Anda mempunyai budget lebih, saya sarankan untuk mengganti hardisk yang terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.

Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

Tapi pada tahun 2017 ini sudah banyak komputer yang menyediakan sistem operasi Windows yang lebih ampuh, maksudnya lebih tahan dan kuat dari Malware maupun serangan Virus.

8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.

Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Selain itu juga bisa jadi karena Anda sengaja mematikan sistem komputer secara paksa (Force Shutdown). Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.

Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network.

Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita. (Referensi)

Penutup.

Cara diatas mungkin tidak menjamin kalau komputer Anda akan lebih cepat. Setidaknya kita meminimalisir akan kesalahan-kesalahan tersebut dan berusaha membuat komputer kita lebih cepat tentunya. Anda sendiri juga bisa meng-uprade Hardware jika Anda memiliki budget lebih banyak.

Salam blogger~

64 komentar

benar juga
ram cuma 2 GB yang jalan seambrek aplikasinya

kalo sudah lelet ya dongkol juga, makasih infonya,,

Makasih Infonya...kebetulan Lapotop saya lagi lelet

Ternyata komputer lelet itu banyak penyebabnya tapi yang paling parah itu kalo kena virus ya gan...

pantesan laptop saya lelet bener, makasih gan

Tapi sih alhamdullilah laptop saya masih bagus belum ada kendala lag seperti penyebab di atas, soalnya windows ori

Jujur laptop saya ngelag nya minta ampuuunnnn, dan saya masih bingung buat ngelag nya laptop saya dan akhirnya tuntas sudah lag tuh laptop dengan ngikutin langkah langkah diatas, terima kasih gan buat informasi yang bermanfaat ini

Paling parah kalo udah kena virus leletnya minta ampun dah

thanks info nya, bakalan sering" di cek ni komputer

wow.. bagus juga nee, sekalian di kasih solusi ma miminnya
thanks ya bro.. di up dulu pc kantor ahh

Mungkin pnya saja hdd nya kna. Jdi lmot

Bener nih kadang ram gede juga bisa nge lag kalo terkena virus atau aplikasi seabrek, btw kalo laptop banyak iklannya cara ngilanginnya kek gimana?

Tambahan buat harddisk, kl cari hardisk yg ngebut cari yg 7200 rpm. Kalau masih kurang coba pake SSD atau SSHD

Pantes Komputer sya lelet bener , Ternyata komputer lelet itu banyak penyebabnya
tx gan informasinya

dulu sebelum ganti pc ane sering lelet grgr RAM, malware ama system filesnya yang banyak corrupt. sekarang engga lagi, udah diganti soalnya. wkwk

Laptop saya leletnya minta ampun. Thanks artikelnya!

Kalo laptop ane biasanya lemot gara" svchost mad

ohh ini toh penyebabnya , makanya laptop saya juga lelet thx min

Hmm pantesan komputer saya leled ternyata karena banyak aplikasi :D

maslaah service sih yang jarang terlihat, thanks gan jadi tau apa aja yang harus di cek kalo lg lag

Thanks infonya gan,, skrg jadi tau pnyebab laptop sy yg lambat loadingnya...

nice info gan,,,,jadi tau penyebabnya laptop saya lelet

alhamdulillah walaupun laptop saya termasuk laptop kuno tapi masih tetep lancar

wah ternyata file start up juga berpengaruh ya...

Baru tau kalo kapasitas hdd penuh bisa bikin lelet

sangat bermanfaat gan,,, langsung terapin~

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

ane sering bnget macet gara gara ramnya

trimakasih, artikelnya sangat membantu skali gan

:) sangat bermanfaat buat saya yg nuby ini, thanks gan .

Saya rasa untuk aplikasi anti virus cukup satu deh yang paling penting sering update. Memang jika banyak antivirus malahan kompi jadi lambat

Sepertinya laptop ane lemot gara2 ini thanks gan

owalah jadi ini penyebabnya, makasih ya gan atas infonya..

Kayaknya emang bener RAM laptop ane mesti di up lagi

tempat ane karena kebnyakan game kali ya jdi lelet bget

Yg paling nyebelin kalo disk bermasalah, data bahaya 😑

Mantep dah soalnya laptop saya lelet, tapi saran terbaik adalah beli laptop yang spesifikasi bagus aja deh gan :D

makasih gan info dan solusinya

lambat karena terlalu bnyak aplikasi yg berjalan, sedang spesipikasi komputer biasa aja

wah mantep nih gan, sangat bermanfaat gan. Thanks sudah mau berbagi solusinya gan.

mau nambahin, komputer lambat karena sistem yang ga dibersihin hardwarenya

makasih banget atas informasinya gan untuk ngatasin pc ane yang udah mulai lelet

Akhirnya laptop saya kembali fress lagi. Terimakasih info nya 😉

Saya lptop core i3 pke windows 7 msih aman gan, nice infonya gan

Kalau saya biasanya yg nomor 3 itu gan, tanpa sadar udah buka banyak program :)

Kalau komputer saya karena kebanyakan aplikasi

baru tau nih ternyata hardisk ngaruh juga ya hehe. Makasih banget gan infonya :D

saya coba terapkan pada komputer saya saya tambah memory menjadi 8 gb semakin joss

Blog yabg bagus menambah pengetahuan. Gan.

Oh jadi hardisk juga memperngaruhi ya

pantesan komputer saya skrng sering lelet, ternyata heatshink nya kena

thanks kebetulan labtob ane agak lambat, izin baca ya gan

komputer saya selalu lambat mungkin karena aplikasi terlalu banyak aplikasi yang terinstal.

makasi info nya gan. Bermanfaat banget

dulu juga komputer ane selalu lambat tapi sekarang alhamdulilah udah lancar semenjak menggunakan cc cleaner untuk menghapus file temporary yang membengkak

punya saya kok sering lemot ya mas, saya pakai windows 10...
atau memang Win 10 itu berat yah ?

Jadi kalau hardisknya error , bagaimana cara mengattasi nya gan ?

saya mau tanya, pc saya prosesor intel core i5 RAM 8gb tapi kenapa lemot bgt ya padahal aplikasinya juga cuma sedikit dan dibandingkan dengan laptop saya (sama2 i5) tapi RAM cuma 4gb dengan aplikasi seabrek. Kenapa ya?

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon