3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer! (Lengkap + Foto)

3 cara mudah melihat spesifikasi komputer - cara mudah melihat spesifikasi komputer - spesifikasi komputer - cara mudah - Assalamu'alaikum, mempunyai komputer atau laptop merupakan salah satu hal wajib untuk mereka yang suka dengan teknologi masa kini.





Dengan majunya zaman teknologi sekarang ini, sudah ada banyak sekali produk-produk komputer maupun laptop yang menggunakan spesifikasi yang cukup tinggi. Lalu bagaimana caranya melihat spesifikasi yang ada di komputer kita?

Cara Pertama #Manual

1. Pertama, Anda buka "File Explorer" dan disitu terdapat menu "This PC / My Computer" biasanya terletak pada sisi kiri. Anda cukup klik kanan menu tersebut dan pilih "Properties". Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar dibawah ini.


2. Setelah Anda klik, Anda akan disajikan menu seperti gambar di bawah ini. Anda bisa melihat beberapa spesifikasi komputer anda, terutama dalam bidang processor dan RAM.




Baca juga : Pengertian Processor Singkat dan Jelas!


Cara Kedua #DX_Diag

1. Anda pencet tombol windows dan huruf R secara bersamaan atau tombol windows (tekan) lalu pencet huruf R. windows + R nanti akan memunculkan pencarian (Run) seperti di bawah ini. Lalu Anda ketikkan "dxdiag" tanpa tanda petik lalu klik OK


2. Kemudian, Anda akan menjumpai seperti gambar di bawah, ini merupakan kumpulan dari beberapa spesifikasi yang ada ada komputer Anda. Disini Anda bisa melihat beberapa spesifikasi seperti Processor, RAM, VGA, Sound System, dan lain-lain.


MELIHAT SPESIFIKASI PROCESSOR, RAM

MELIHAT SPESIFIKASI VGA DISPLAY
Cara Ketiga #CPU-Z (Rekomendasi)

1. Cara terakhir ini merupakan cara yang saya rekomendasikan, silahkan anda download dulu software nya di web resmi CPU-Z. Download CPU-Z Official Website

2. Selanjutnya jika sudah, Anda tinggal buka software tersebut untuk menginstalnya terlebih dahulu. Kemudian Anda buka dan tampilan akan seperti di bawah ini. Disini Anda akan disajikan beberapa spesifikasi yang sangat lengkap dan tentunya akurat. Terutama Anda bisa melihat seri Motherboard Anda dengan benar, lalu melihat memory RAM + kecepatannya.

Baca juga : Macam-macam komponen Motherboard Lengkap!!!


Penutup

Cukup puas dengan melihat spesifikasi komputer Anda sendiri? Tentu saja harus puas. Saya sendiri menggunakan CPU-Z untuk melihat spesifikasi komputer saya karena sudah lengkap dan disajikan beberapa fitur yang tentunya gratis.

Salam blogger~

32 komentar

Mantep gan, pas banget saya pengen ngumpulin duit buat beli laptop baru :D

kalo menurutku paling enak pakek dxdiag

makasih infonya, lengkap gk datanya disana mas ??

siap ntar ane coba cek spek di laptop baru ane

wah ternyata ada banyak cara untuk tahu spek komputer atau laptop kita. Nice Info gan

cocok gan, saya kurang tau nie laptop saya....

terimakasih gan.. sangat bermanfaat sekali. :D

saya cuma lihat stiker nya aja. tapi yg lain blom saya coba. Makasih gan infonya

makasih infonya gan buat nambah wawasan, ane sering liatnya cuma di bagian belakangnya doang

mantap banget infonya kalo mau download software nya bsa di blog kadekkrisma blog gan

ane biasa pake dxdiag aja

kalo ane sih biasa pake dxdiag aja udah cukup but nice post gan jadi tambah refrensi nihh :D

wah nice info gan, update terus artikel ttng komputer dan internet

Mantap gan,pake dxdiag paling manjur emang hehe

ane biasanya pake yg dxdiag hehe

akhir nya w tau jg spesifikasi pc w kwkw

Masib bingung yang cpu-z :'v

Mantap, kemarin sempat bingung buat ngeliat spesifikasi komputer, tapi lihat artikel ini terbayarkan, di tunggu postingan selanjutnya...

gan mau tanya, kenapa yah ram komputer itu selalu tidak terpakai penuh? misalkan itu digambar ada 4 gb ram, kenapa cuma 3, sekian yang terpakai?

infonya bermnfaat sekali buat saya yang maniak komputer

mantap min sangat membantu artikelnya

Wah nice mas makasih infonya

paling enak pake cara manual aja..hehe

alhamdulilah, ternyata seperti ini ya car ceknya, saya belum paham tadinya, tapi sekarang sudah bisa gan, makasih ya :)

Lengkap bngtt tutornya gan.. ane biasa pake dxdiag aj udh ckup. Tp klo mendetail pake cpu z versi PC...

Makasih infonya. Sangat bermanfaat

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon