Cara Membuat Restore Point di Windows 10


Cara membuat restore point - cara membuat system restore point - cara backup file di windows

Apakah Anda sudah pernah mendengan tentang System Restore ? Mungkin, dari namanya restore, Anda sudah terbayang apa fungsinya. Nah, adakalanya dimana komputer atau laptop Anda tidak berjalan lancar atau bermasalah yang mungkin menyebabkan beberapa aplikasi ataupun file Anda rusak. Salah satu penyebab masalah ini biasanya terjadi karena kesalahan install driver, install software, infeksi virus atau perubahan pengaturan tertentu pada Windows.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows yang bisa mengembalikan keadaan Windows ke titik sebelum terjadi error/bermasalah sehingga kembali menjadi normal. Fitur Windows ini disebut System Restore.
Umumnya, System Restore berisi semua informasi yang hubungannya dengan registry dan pengaturan penting Windows.Secara default Windows akan membuat Restore Point secara otomatis dengan kata lain ketika komputer bermasalah maka Anda bisa memilih Restore Point yang telah dibuat Windows. Selain itu, Anda juga bisa membuat Restore Point sendiri secara manual. Hal yang perlu Anda ketahui adalah tanpa adanya Restore Point maka System Restore tidak akan berfungsi. Umumnya, komputer yang baru diinstall OS Windows, belum ada Restore Point otomatisnya. Untuk berjaga-jaga maka sebaiknya Anda membuat Restore Point secara manual.

Langkah langkah membuat restore point secara manual.

1. Pertama silakan Anda klik Start, lalu ketikkan "Create Restore Point", lalu klik icon seperti gambar dibawah ini.


2. Selanjutnya Anda klik Create, pastikan dulu yang mau di buat restore point Disk C atau D, kali ini saya mencontohkan di Disk C


3. Di tab ini, anda diminta untuk memberikan nama restore point nya, agar mudah diingat saya sarankan isi dengan tanggal pada hari dimana anda membuat restore point


4. Selanjutnya, akan mulai progres, ini akan memakan waktu lumayan lama kalau data yang di restore lumayan besar.


5. Jika Anda telah sukses membuat Restore Point maka lanjut untuk klik restore point dan kita lihat kalau restore point yang sudah di buat sebelumnya.


Mudah bukan ? Sampai disini dulu pembahasan tentang cara membuat restore point di system restore, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon