Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam di Windows 10

Untuk pengguna laptop, Anda mungkin menemukan layar biru di perangkat Anda. Ini akan menunjukkan bahwa ada yang salah dengan ekstensi Anda. Namun, akan berbeda bila laptop Anda tiba-tiba saja menampilkan layar hitam.

Layar hitam ini tidak menampilkan petunjuk atau gambar apa pun. Kode kesalahan juga tidak akan muncul, jadi kami hanya bisa menebak masalahnya. Layar yang benar-benar hitam bisa membuat orang mengira laptop masih mati. Layar hitam dapat muncul karena berbagai alasan. Kondisi ini mungkin terkait dengan masalah pembaruan driver grafis atau mungkin terjadi saat menginstal pembaruan fitur yang menyertakan masalah kompatibilitas.

Berikut ini, kami akan memberi tahu Anda cara mengatasi layar hitam di Windows.

1. Cari tahu apakah komputer Anda berfungsi

Kemungkinan penyebab layar hitam adalah proses setup selama instalasi Windows tidak selesai. Jika Anda memiliki file data besar dari penginstalan Windows sebelumnya, jangan heran jika penginstalan memakan waktu berjam-jam. Jika Anda tidak tahu, Anda pasti akan terus menggunakan laptop tersebut. Jadi jangan heran jika perangkat Anda tiba-tiba menemui layar hitam. Cara mengatasi layar hitam ini adalah jika komputer masih bekerja. 

2. Cari lampu indikator aktivitas hard drive 

Jika lampu ini berkedip, berarti pemasangan masih berlangsung. Dalam hal ini, yang harus Anda lakukan adalah menunggu sampai selesai. Jika tidak menyala, berarti pemasangan diblokir dan tidak dapat dilanjutkan. matikan komputer karena penginstalan telah berhenti, Anda harus mencoba penginstalan lagi untuk menghilangkan layar hitam. Gunakan tombol daya untuk mematikan komputer Anda. Jika tidak mati secara normal, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar lima hingga sepuluh detik.

3. Putuskan sambungan dari Internet dengan mencabut kabel Ethernet Anda dan matikan semua adaptor nirkabel.

Putuskan juga periferal lain, termasuk pengontrol game dan hard drive eksternal. Lepaskan juga kabel daya dari komputer Anda. Kemudian tunggu sekitar tiga puluh detik untuk memulai kembali. Sambungkan kembali kabel daya, perangkat periferal, adaptor nirkabel, dan kabel Ethernet. Nyalakan komputer Anda dan instal ulang Windows.

4. Masuk ke mode aman

Jika akar masalahnya terletak pada kinerja perangkat keras, cukup memuat program penting dapat menyelamatkan masalah. Untuk mem-boot sistem Anda dalam mode aman, hidupkan PC Anda dan saat Anda melihat layar boot, tahan tombol Shift. Kemudian pilih tombol Power dan lanjutkan dengan klik Restart. Bangun pandangan Anda Komputer Anda juga dapat menampilkan layar hitam jika Windows 10 tidak mendeteksi layar Anda. Perbaikan layar hitam untuk masalah ini adalah memaksa perangkat Anda untuk bangun. Cukup buka keyboard Anda, lalu ketik:

  1. Pertama, tekan tombol Windows.
  2. Kemudian tekan ctrl, shift dan B.
  3. Masukkan kembali kartu video (VGA)

Kemungkinan layar hitam lainnya adalah kartu video yang rusak. Cara mengatasi layar hitam untuk masalah ini adalah dengan menginstal ulang.

Baca juga : Cara update windows 10!

  1. Pertama, tekan tombol Windows dan pilih Device Manager.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan adaptor Display. Kemudian klik tanda panah di sebelah kiri adaptor layar untuk menampilkan konten adaptor layar.
  3. Di sana, pilih adaptor tampilan Anda. Kemudian klik kanan dan pilih Uninstall device.
  4. Setelah mencopot pemasangan, klik kanan lagi pada bagian tersebut. Kemudian pilih Pindai perubahan perangkat keras sehingga muncul kembali untuk Anda instal ulang.
  5. Perbarui driver

Jika kartu video Anda tidak buruk, mungkin perlu diperbarui. Jika demikian, itu juga bisa menjadi penyebab layar hitam. Cara mengatasi layar hitam ini:

Buka Pengelola Perangkat.

  1. Selanjutnya, arahkan kursor ke Adaptor Tampilan dan klik panah di sebelah kirinya. Pilih adaptor tampilan Anda dan klik kanan.
  2. Terakhir, pilih Perbarui driver.
  3. Hentikan proses RunOnce

Jika Anda melihat layar hitam setelah masuk, masalahnya mungkin ada pada proses yang sedang berjalan. Cara mengatasi layar hitam ini:

  1. Tekan tombol Windows dan luncurkan Task Manager.
  2. Anda juga dapat menekan ctrl dan shift dan esc untuk membuka pengelola tugas.
  3. Periksa proses RunOnce.exe. Jika sedang berjalan, klik kanan dan pilih Berhenti.
  4. Agar perubahan diterapkan pada perangkat Anda, hidupkan ulang komputer Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menekan tombol restart.

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon