Sebelum Mendaftar Google Adsense, Lakukan 5 Hal Penting Berikut!

Saya harap tutorial ini bermanfaat bagi mereka yang masih di luar jangkauan Google Adsense - 
Google Adsense, dua kata yang selalu terlintas di dalam pikiran kita. 

Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) yang paling banyak digemari oleh publisher Indonesia untuk memonetize situs mereka. Sejak Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia tahun 2012 yang lalu, banyak sekali blogger Indonesia yang mendaftarkan blog mereka di Google Adsense. Sayangnya, untuk menjadi member dan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense itu bukan hal yang mudah, tentu saja bagi saya sendiri butuh perjuangan yang sangat-sangat untuk mencapai keberhasilan tersebut. Bahkan ada yang kesulitan tentang cara daftar Google Adsense, padahal sebenarnya cara mendaftar di program PPC Google ini tidak sulit juga sih, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca apa sebenarnya itu Google Adsense?

Banyak blogger yang sudah mendaftar, namun tidak semua diterima menjadi publisher di Google Adsense. Ini karena  website atau blog yang didaftarkan tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Google. Pihak Google Adsense menginginkan website/ blog yang menjadi publisher mereka adalah situs-situs yang berkualitas dan memenuhi aturan (TOS) mereka.

Seiring dengan berkembangnya zanam kalau dibandingkan dengan dulu, cara daftar Google Adsense itu sangat mudah. Tapi seiring pertumbuhan dan perkembangan internet, Google Adsense sudah melakukan banyak perubahan pada layanan mereka dan disesuaikan dengan perkembangan yang ada. Membuat sebuah blog ala kadarnya dan diisi dengan konten yang sangat “dangkal”, lalu mendaftarkannya di Google Adsense adalah sebuah tindakan yang sia-sia karena pasti tidak akan diterima.

Lalu bagaimana cara mendaftar Google Adsense agar cepat diterima? yang sabar dulu aja alias jangan terlalu terburu-buru. Cukup 3 hal penting yang harus di perhatikan yaitu Keunikan, nilai jual, dan originalitas sebuah website adalah syarat yang sangat penting agar diterima oleh Google Adsense. PPC ini adalah program periklanan yang sama halnya dengan program periklanan lainnya. Mereka tentunya menginginkan website yang menayangkan iklan mereka bisa memberikan promosi atau pemasaran yang baik bagi para pengiklan. 

Sebenarnya proses mendaftarnya sangat mudah, tapi untuk bisa diterima pada program PPC Google ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting.
Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini agar peluang diterima lebih besar:

1. Membuat Konten Yang Unik di Situs Anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, originalitas sebuah ide atau konten di dalam website anda adalah nilai penting bagi Google Adsense. Mereka memperhatikan apakah konten di dalam sebuah website bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

Sebenarnya konten-konten di internet itu banyak yang membahas topik yang sama. Namun, cara penyajiannya atau cara penulisannya yang berbeda. Misalnya, Anda menulis tentang “cara berhijab yang benar”, tentunya ada banyak konten di situs lain yang membahas tentang ini. Namun, cara menuliskan konten dan cara menyajikannya di blog Anda pasti berbeda dengan konten di blog orang lain. Nah, kalau konten Anda adalah hasil copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar situs Anda tidak akan disetujui untuk ikut program PPC Google Adsense, seperti saya sebelumnya yang merasakan betapa menyiksa di tolak Google Adsense berkali-kali karena copas karya orang lain.


2. Perhatikan Umur Situs Yang Didaftarkan

Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blog Anda untuk Google Adsense karena mereka memperhatikan umur website, jumlah konten, jumlah pengunjung, page view, dan lain-lain. Bila Anda saat ini memiliki blog yang sudah berumur 6 bulan, sudah diisi banyak konten, dan memiliki unique visitor yang stabil, ini bisa meyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda adalah tempat yang baik untuk memasang iklan.



3. Perhatikan Jumlah Konten Di Website/ Blog Anda

Jumlah konten adalah salah satu faktor penting agar diterima di Google Adsense. Saya kurang yakin berapa jumlah konten minimun di dalam sebuah website agar bisa diterima, tapi menurut saya pribadi akan lebih mudah diterima bila website kita memiliki banyak konten. Saya pribadi menyarankan untuk membuat minimal 60 konten artikel sebelum mendaftar di Google Adsense.

TIPS AND TRICK!! Kalau mau diterima dengan lebih ampuh anda bisa menulis beberapa artikel, tidak harus 60 atau beratus-ratus artikel, cukup sajikan yang bermanfaat dan tentunya membahas satu topik, kalau bisa tentang produk Google jamin!! Pihak Google pasti menyukainya.

Untuk situs berbentuk blog, sebaiknya Anda rajin meng-update konten di dalam blog Anda karena ini bisa mempengaruhi penilaian dari pihak Google. Blog yang sering di-update oleh pemiliknya tentunya akan memiliki peluang lebih baik diterima oleh Google Adsense dibandingkan dengan blog yang jarang sekali diurus dan dibiarkan begitu saja.

4. Pengunjung yang Minimal

Selain konten yang harus memadai, anda juga harus memperhatikan seberapa banyak sih pengunjung yang nongol di blog anda? Karena Google Adsense sendiri sangat senang dengan blog yang begitu ramai, tidak perlu banyak-banyak, minimal 100/hari.

Jika anda masih tidak bisa menerbitkan banyak pengunjung secara alami di penelusuran Google, anda bisa mempromosikan konten tersebut di berbagai Media Sosial, seperti Facebook, bergabunglah dengan forum setempat dan bagikan isi konten anda kepada mereka yang membutuhkan, kalau bisa juga meminta pendapat dan kritik hasil tulisan anda.

5. Usaha dan Terus Bertekad Maju

Cara yang terakhir ini memang sangat perlu, banyak para blogger yang sudah mendaftar Google Adsense, tapi di tolak dan pada akhirnya mereka patah semangat dan menyerah begitu saja. Tentu saja, siapa sih yang tidak kecewa kalau merasa di tolak padahal kita udah mati-matian perjuangin usaha tersebut?

Selain berusaha, kita dampingi usaha tersebut dengan do'a pasti apapun hasilnya jika kita benar-benar serius, akan ada jawabannya di masa mendatang.

Penutup

5 hal diatas memang belum menjamin akan diterimanya Google Adsense, tapi setidaknya itu mendominasi atau mendukung agar blog kita bisa Full Approve Google Adsense, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus di perhatikan sebelum mendaftar Google Adsense. Oleh karena itu saya, tetap semangat ya!! Karena Usaha tidak pernah mengkhianati! Keep Moving!

Salam Blogger~



44 komentar

tipsnya bagus gan tapi alhamdulillah saya sdahdi terima adsense

yang penting tekadd yang mau maju !! mantapp, memang mencoba suatu yang untik itu sulit, salah satu untuk jadi unik yaitu menjadi beda, itu sangat sulit. tahu sendiri jaman sekarang instan dijadikan prioritas

Mantap gan, saya masih tahap review

Terimakasih tipsnya kak, sangat bermanfaat. Tapi apa hanya saya yang ngeblog karena suka menulis? Tanpa memikirkan google adsense dll :3

Masukkan aja mas yg masalah konten. Konten itu setau aku mencakup tulisan, gambar/foto dan video. Yg di mksd disitu jmlh konten yg mana ya? Apa hanya tulisan saja?

konten yang unik betul menurut saya
tapi mengapa blogger sekarang kok yang dibahas itu-itu saja
apa gak menggunakan teknik?
sesuai dengan tutorial yang ada...

kemaren ada yang umurnya masih 3minggu langsung di approve google

wah ini ane udh 2 minggu ga ada respon gan

Wah informasinya sangat membantu gan :D

yang penting jangan nyerah ya gan, baru sekali dua kali ditolak mah hehe

tinggal memamerkan produk google aja kok insyaallah nanti bisa ke approve 👌

Semoga aja di terima sama adsense nanti kalo udah buat tips gitu, hehe

Waduhh ane mesti rajin update lagi nih kalo ini bisa jadi penilaian google

Mantap mas artikelnya pas banget buat pemula

boleh nih gan jadi referensi kalau mau daftar google adsense terimakasih gan hahaha

Sangat membantu,,apalagi usia blog saya Masih sangat muda

Bner nih, tpi yg pnting jngn smpai mnyerah wlau udh d tolak bbrapa kali. Gk ad yg gk mngkin. Thanks infonya gan

Mau tanya gan, artikel sudah komprehensif dan original, jumlahnya juga sudah banyak, tetapi kenapa kena masalah konten terus ya? Saya bingung

jangan terpaku sama banyaknya artikel gan, kamu cuma perlu buat artikel abis itu fokus cari banyaknya pengunjung nya.

ya semua kan berawal dari suka nulis gan :v kalo uda suka ntar cepet lambatnya bakal ada penghasilan :D

jumlah konten -> artikel blog agan cukup fokus 1 topik aja kalo bisa produk google

yang sabar ya gan ditunggu, fokus aja dulu sama nulis

betul tuh gan,, yang paling penting poin no 5 :)

makasih gan tipsnya, izin nerapin gan :D

masih gagal aja bg saya..pusing sudah sering kali mencoba...

Waduh 60 artikel banyak ya gan....

wah keren artikel nya, mantaps :)

Wehhh in ane lagi tahap review 2 gan kemaren udha d aprove tpi akuny hosted skrng nyoba upgarade ke non hosted mudah*n bs d aprove lagi, minta doany ya gan

Keep Moving gan pasti bisa jangan patah semangatt

harus banyak doa juga nih :D

saya ga pernah berhasil daftar adsense gan

Mantaf :D nice gan . Bermanfaat skali buat newbie seperti saya

Mantapp gan nice post 😄 Doakan anee yaa gan ane lagi daftar google adsense nihh 😊

hati2 yang keterima jangan berlarut dalam kesenangan hehehe

Thanks for info gan, kayanya permasalahan ane di tolak sama gogeladsen karena kontennya :)

Salam www.pawayangan.com

Setelah ane praktekin langsung keterima adsense, makasih gan

artikelnya sangat membantu ane gan buat daftar adsense...

mencari konten yang unik sedikit susah, blog ane masih butuh pembenahan nih

infonya sangat membantu, terima kasih.

Berkomentarlah dengan baik, jangan sampai ada Spam atau hal-hal yang berbau negatif di Blog ini, jangan sesekali menambah LINK AKTIF atau akan Saya hapus nantinya. Mohon kerjasamanya. Makasih :)
EmoticonEmoticon